Minggu, 02 November 2008

LASKAR PELANGI


Saya mengenal buku Laskar Pelangi dari acara Kick Andy di Metro TV, saat itu saya langsung mencari bukunya dan melalap cerita dalam buku tersebut sekali baca. Benar-benar tidak bisa berhenti, terbius kepiawaian Andrea Hirata meramu cerita dengan kalimat-kalimat bersayap yang sering berakhir dengan jenaka. Saya lalu menularkan keterpesonaan saya terhadap buku Laskar Pelangi kepada Uni Silvy dan… berhasil. Uni ikut-ikutan jatuh cinta lalu kami bersama-sama berburu buku berikutnya — Sang Pemimpi & Edensor — dan sama -sama sedang tidak sabar menunggu dirilisnya buku Maryamah Karpov.

Dan kali ini, kembali dari acara Kick Andy juga saya mengetahui detil tentang Film Laskar Pelangi yang katanya akan dirilis bulan ini. Menurut catatan Uni di salah satu blognya, Film Laskar Pelangi akan dirilis tanggal 25 September 2008. Dan memang benar, setelah saya cek di situs resminya, film tersebut memang akan dirilis tanggal 25 September 2008. Jadi tidak sabar menunggu, apakah filmnya akan sama menggigit dengan bukunya?

Saya sempat mengubek-ubek informasi dari Paman Google untuk menemukan beberapa detil tentang film ini. Berikut kepingan informasinya:

Sutradara : Riri Riza
Produser : Mira Lesmana
Penulis : Salman Aristo & Riri Riza
Pemeran : Cut Mini, Ikranegara, Lukman Sardi, Ario Bayu, Tora Sudiro, Slamet Raharjo, Alex Komang, Mathias Muchus, Rieke Diah Pitaloka, Robbie Tumewu, JaJang C. Noer, dan Teuku Rifnu Wikana
Musik : Titi Syuman, Aksan Syuman
Distributor : Miles Production dan Mizan Sinema
Situs Resmi : www.laskarpelangithemovie.com

Dalam proses pembuatan film ini hampir 100% pengambilan gambar dan syuting dilakukan di Belitong. Dan satu hal yang cukup istimewa di film ini, 12 orang pemain, 10 Laskar Pelangi dengan dua karakter pelengkap yang memerankan Flo dan A Ling, semuanya asli dari Belitong. Sayangnya saya tidak menemukan nama-nama para pemeran teman-teman Ikal. Saya hanya menemukan nama Zulfany, sang pemeran Ikal.
Update 14 Sept:
Ferdian (Lintang), Yogi Nugraha (Kucai), Verrys Yamarno (Mahar), Suhendri (A Kiong), Febriansyah (Borek/Samson), Dewi Ratih Ayu Safitri (Sahara), Marchella (Flo), Levina (A Ling), M. Syukur (Syahdan)

Saat menjelajahi situs resminya, saya melihat menu Soundtrack, namun sayangnya menu tersebut masih kosong. Saat ini saya hanya mendapat satu soundtrack, yaitu lagunya Nidji yang diberi judul yang sama dengan judul buku dan filmnya, Laskar Pelangi.

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya…

(Laskar Pelangi - Nidji )

Tidak ada komentar: